Minggu, 25 Maret 2012

The Social Media Called Twitter

perkembangan zaman saat ini semakin meningkat termasuk ruang lingkup dalam sosial media. dunia semakin dekat untuk saling terhubung satu dengan yang lainnya. teknologi semakin memadai untuk dapat mengakses semua itu hanya dengan satu sentuhan saja. sosial media seperti Facebook, Twitter, Youtube dapat menyatukan jutaan manusia di seluruh dunia. untuk masalah kali ini, saya mencoba untuk mengaplikasikan sosial media Twitter pada bagian kekurangan dan kelebihannya, keamanan atau security, serta pemanfaatan & pengembangan dimasa depan..

Kekurangan & Kelebihan Twitter
semua sosial media pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. semuanya memiliki dampak positif dan negatif. tapi balik lagi kepada pihak individunya itu sendiri. mau dijadikan apa akun pribadi mereka nantinya. banyak hal positif yang bisa kita gali dari peran sosial media. menambah wawasan salah satunya. menjalin pertemanan dari seluruh belahan bumi, yang terpenting adalah mengembangkan informasi yang ada untuk bisa lebih cepat disebarkan. karena informasi merupakan faktor terpenting dari sebuah kehidupan. misalnya saja pada Twitter. jika satu orang dapat men-twit satu informasi. banyak kemungkinan jutaan followers atau akun lain yang melihat informasi tersebut me-retweet twit yang berisi informasi penting tersebut. bayangkan, begitu cepatnya sebuah informasi bisa tersebar dengan cepat di sosial media. dampak negatifnya? balik lagi ke pihak individu itu sendiri. mau dijadikan apa akun twitter pribadi yang dia miliki.

Keamanan atau Security
bicara seputar keamanan, untuk saat ini baik Twitter ataupun Facebook rentan untuk masalah keamanan. banyak hacker yang bisa dengan mudah mengakses akun pribadi milik orang lain. banyak hal yang belum pernah kita ketahui masalah ini. tapi siapa sangka bahwa fakta tersebut memang benar-benar terjadi di social media. masalah keamanan atau security dari sosial media itu sendiri bisa diakali misalnya dengan: mungkin kita bisa mengganti password akun pribadi secara rutin tiga bulan sekali. Jadi tidak terjadi sebuah kasus monoton password dari sebuah akun. sehingga hacker bisa kita alihkan. namun percaya atau tidak, suatu saat pemilik hak asli Facebook ataupun  Twitter akan mengamankan lebih jauh masalah ini untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna sosial media.

Pemanfaatan & Pengembangan di masa Depan
seperti yang sudah disebutkan tadi. lewat sosial media kita bisa dengan mudah memperoleh informasi. dengan sebuah twit-dan-jutaan-retweet. salah satu fakta menyebutkan bahwa peran twitter lebih cepat dibanding jurnalis dari setiap stasiun televisi yang ada di dunia. dengan hitungan menit, sebuah informasi penting bisa tersebar diseluruh dunia. misalnya Isu Global, Kematian, Fakta Unik dan sebagainya. dimasa depan, sosial media akan terus berkembang dan terus membantu kebutuhan setiap manusia yang ada di seluruh dunia untuk dapat dengan mudah memperoleh sebuah informasi yang ada. karena pada dasarnya, sosial media, teknologi dan informasi tidak akan pernah mati...

Rabu, 21 Maret 2012

mengetahui vektor dalam suatu bilangan

Tugas Pemrograman Berbasis Objek
nama kelompok :
Fabiola Nur Islamiyah  52410462
http://fabiolanurislamiyah.blogspot.com/
Putri Ratna Sari  55410464
2IA14

Untuk mengetahui suatu elemen pada vektor menggunakan bahasa pemrograman java berikut ini saya tampilkan listingnya




Dari rangkaian diatas untuk menentukan elemen vektor penjumlahan, pengurangan,perkalian, serta skalar vektor. Dan menggunakan beberapa perintah dalam bentuk integer (numerik). telebih dahulu import package yang digunakan, dalam program ini kita menggunakan package "import java.io.*;". Didalam listing tersebut terdapat BufferedReader berfungsi sebagai efisiensi dalam membaca karakter, array, dan garis. Dan "parseInt" berfungsi sebagai parsing string dan mengembalikan integer. Lalu diawali dengan "system.out.println" yang berfungsi memasukkan banyaknya himpunan yang ingin dipakai. Rangkaian program di atas dimasukkan pula kondisi berupa if yang berfungsi memungkinkan hasil output dalam bentuk himpunan. Kemudian akan muncul output yang sesuai dengan perintah vektor yang diinginkan.

Berikut ini adalah outputnya

Minggu, 11 Maret 2012

Twitter

Dalam dunia maya kata twitter tidak asing lagi bagi penggunanya. Salah satu social network yang sangat fenomenal dalam beberapa tahun belakangan ini. Di indonesia sendiri jejaring sosial ini memang kalah populer dengan facebook, namun dalam beberapa hal twitter memiliki keunggulan dan lebih praktis dibanding facebook. Twitter yang artinya kicauan, atau termasuk mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya mengirim dan membaca pesan yang disebut Tweets. Mari kita telusuri lebih dalam tentang sosial network ini.

Sejarah
Twitter sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc. , Twitter berawal dari sebuah diskusi yang diselenggarakan oleh anggota dewan dari Podcasting perusahaan Odeo. Dalam pertemuan tersebut, Jack Dorsey memperkenalkan ide twitter dimana individu bisa menggunakan SMS layanan untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Proyek ini dimulai pada tanggal 21, dan secara terbuka pada tanggal 15 Juli 2006. Twitter menjadi perusahaan sendiri yaitu Obvious, LLC pada bulan April 2007.
Popularitas Twitter mulai meningkat pada tahun 2007 ketika terdapat festival South by Southwest (SXSW). Selama acara tersebut berlangsung, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000 kicauan per hari menjadi 60.000. Reaksi di festival itu sangat positif. Pada tanggal 14 September 2010, Twitter mengganti logo dan meluncurkan desain baru.

Konsep
Twitter sendiri memiliki konsep dapat menyampaikan pesan berupa adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. . Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Semua pengguna dapat mengirim dan menerima kicauan melalui situs Twitter, aplikasi eksternal yang kompatibel (telepon seluler), atau dengan pesan singkat (SMS) yang tersedia di negara-negara tertentu. Situs ini berbasis di San Bruno, California dekat San Francisco, di mana situs ini pertama kali dibuat. Twitter juga memiliki server dan kantor di San Antonio, Texas dan Boston, Massachusetts. Sehinggan dapat digambarkan twitter adalah pesan singkat atau SMS melalui internet.

Berikut ini adalah konten-konten di Twitter
•    Home
Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.
•    Profil
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.
•    Pengikut (Follower)
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.
•    Ikutan (Following)
Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.
•    Gamitan (Mentions)
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.
•    Favorit
Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.
•    Pesan Langsung (Direct Message)
Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.
•    Hashtag
Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga.
•    List
Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna (username) yang mereka ikuti (follow).
•    Topik Hangat (Trending Topic)
Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

Teknologi yang digunakan
Teknologi yang digunakan twitter adalah kerangka Ruby on Rails, digunakan pada peningkatan kinerja Ruby Enterprise Edition implementasi Ruby. Pada tanggal 6 april, insinyu Twitter menegaskan bahwa mereka telah beralih jauh dari Ruby on Rails mereka cari-stack, ke server yang mereka sebut blender. Dari musim semi tahun 1007 sampai 2008 pesan ditangani oleh ruby dan server antrian disebut Starling, tetapi sejak tahun 2009 implementasi secara bertahap diganti dengan perangkat lunak yang ditulis di skala. Para layanan antarmuka pemrograman aplikasi seperti dengan scrip code html yang memungkinkan layanan desain web dan aplikasi untuk mengintegrasikan dengan Twitter.

Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Twitter

Selasa, 29 November 2011

Rahasia Presentasi Steve Jobs

Tek. internet & New Media (softskill)
Nama : Putri Ratna Sari
Npm : 55410464
2IA14

Bagaimana Tampil Luar Biasa Hebat di Depan setiap Audiens

Steve Jobs adalah komunikator yang paling memukau di panggung dunia. Dalam buku yang sama dengan judul diatas, yang menjelaskan tentang presentasi keynote Steve Jobs yang terbaik pada pertama kalinya, mengungkapkan secara persis teknik-teknik yang dipakainya untuk menginspirasi audiensnya. Buku ini adalah rincian yang paling komplet tentang bagaimana presisnya jobs mengemas dan menyampaikan cerita dibalik merek Apple. Dalam setiap presentasinya Steve Jobs mengemas secara unik yaitu “adegan tiga babak”. Bahkan presentasi Steve Jobs sangan mirip dengan sebuahadegan dramatis-permainan drama yang dikemas dan dilatih dengan baik, yang memberikan informasi , menghibur, dan memberikan inspirasi. Ia membuat presentasi sebagai sebuah cerita klasik, dan buku tersebut dibagi menjadi 3 babak yaitu :
• Babak 1 : Menciptakan Cerita
Menciptakan alur cerita (plot) adalah lankah pertama dalam menjual gagasan anda dengan penuh kekuatan, persuasi, dan kharisma. Babak ini akan memberikan kepada anda perangkat praktis untuk mengemas sebuah cerita yang menarik dibalik merek anda dan akan membantu meletakkan dasar-dasar bagi kesuksesan presentasi. Cerita yang meyakinkan akan memberikan anda keyakinan dan kemampuan untuk merebut hati audiens anda. Steve Jobas dalam menciptakan cerita di presentasi terdapat beberapa adegan yaitu:
1. Merencanakan dalam bentuk analog : pada bab ini anda akan mengetahui bahwa presenter hebat seperti steve jobs memvisualisasikan, merencanakan, dan menciptakan ide-ide dengan baik sebelum mereka membuka headline presentasi.
2. Menjawab satu pertanyaan yang paling penting : pendengar atau audiens akan menanyakan pada diri mereka sendiri satu pertanyaan dan hanya satu pertanyaan : “apa pentingnya buat saya?” jika anda tidak dapat menjawab pertanyaan ini dengan baik, maka audiens anda tidak akan memperhatikan anda.
3. Mengembangkan sebuah misi dan tujuan : Steve Jobs bernilai lebih dari 100 juta dollar saat berumur 25 tahun, dan hal ini tidak tidak mempengaruhinya. Pemahaman tentang hal ini akan membantu anda mengungkapkan rahasia di balik kharisma luar biasa Jobs.
4. Menciptakan Headline Mirip Twitter: situs jejaring social ini telah mengubah cara kita berkomunikasi. Pengembangan kepala berita yang lebih dari satu kalimat berisi 140 karakter akan membantu anda menjual gagasan anda secra lebih persuasif.
5. Mengambar peta perjalanan : Steve Jobs membuat argumennya gampang diikuti dengan mengadopsi salah satu prinsip persuasive yang paling ampuh: aturan tiga
6. Memperkenalkan tokoh antagonis : setiap presentasi Stve Jobs memperkenalkan satu musuh bersama yang sapat dilawan oleh para audiens. Begitu ia memperkenalkan seorang musuh, panggungnya akan siap menampung adegan berikutnya.
7. Menyambut datangnya sang pahlawan : setiap presentasi Steve Jobs memperkenalkan seorang pahlawan yang dapat diandalkan oleh para audiens. Pahlawan ini memberikan cara yang lebih baik dalam melakukan sesuatu, keluar dari status quo, dan menginspirasi orang agar menerima inovasi.

• Babak 2 : Menciptakan Pengalaman
Steve Jobs tidak memberikan presentasi. Ia menawarkan sebuah pengalam pribadi. Babak 2 ini, anda akan menemukan bahwa sebuah presentasi dari Steve Jobs mengandung setiap elemen ini, yang membantu Steve Jobs menciptakan koneksi emotional yang kuat antara dia dan audiensnya. Babak ini anda akan memperlajari tips-tips praktis untuk mengubah presentasi dan akan menjadi pengalaman berharga yang menarik secara visual. Berikut ini gambaran pendek dari setiap adegan dalam babak ini :
8. Salurkan Zen dalam diri mereka : kesederhanaan adalah fitur kunci dalam semua desain Apple. Jobs menerapkan pendekatan yang sama ketika menciptakan slide-slide-nya. Setiap slide-nya sederhana, visual dan memukau.
9. Dandani angka-angkanya : data tidak ada artinyatanpa konteks. Jobs membuat statistik menjadi hidup dan paling penting, membahas angka-angka dalam konteks yang relevan dengan audiensnya.
10. Gunakan kata-kata ‘luar biasa’ : orang-orang biasa yang mengalami presentasi Steve Jobs yang “luar biasa” menggambarkannya sebagai “keren”,”luar biasa”, dan “memukau”. Kata-kata ini sering digunakan steve jobs.
11. Berbagi Panggung : Apple adalah sebuah perusahaan yang jarang ditemukan di mana keberuntungannya sangat erat kaitannya dengan pendirinya. Meskipun faktanya Apple mempunyai banyak pemimpin yang brilian, banyak pengamat mengatakan bahwa Apple adalah pertunjukan oleh satu orang. Mungkin saja. Namun Jobs memperlakukan presentasinya sebagai sebuah simfoni.
12. Hiasi panggung presentasi anda dengan property : demonstrasi memainkan peran pendukungyang sangat penting setiap presentasi jobs.
13. Ungkapkan momen-momen yang mengejutkan : pada saat anda mulai menyangka bahwa anda sudah melihat dan mendengar semua yang perlu dilihat dan didengar, Jobs memberikan sebuah kejutan. Momen tersebut direncanakan dan ditulis agar memberikan dampak maksimum.

• Babak 3 : Memoles dan Melatih Diri
Akhirnya, kita akan belajar bagaimana Jobs memoles dan melatih presentasinya untuk membuat sebuah hubungan emosional dengan audiensnya. Yang dibahas di babak ini adalah topic-topik seperti bahasa tubuh, ucapan verbal dan membuat presentasi “yang sudah disusun kata-katanya” terdengar alami dan bagaikan “ngobrol” biasa. Tahap akhir ini sangat penting bagi setiap orang yang ingin berbicara, berjalan, dan rtampak seperti seorang pemipin. Mari kita bahas sekilas adegan dalam babak ini:
14. Kuasai panggung : bahasa tubuh dan penyampaian secara verbal membentuk sekitar 63 hingga 90 persen pada kesan yang anda tinggalkan pada audiens anda, tergantung pada studi mana yang anda kutip.
15. Buatlah seolah tanpa upaya : anda akan mengetahui bagaimana Jobs sangat sesuai dengan teori ini dan bagaimana anda dapat menerapkannya untuk meningkatkan kualitas keterampilan presentasi anda sendiri.
16. Pakailah pakaian yang sesuai : Jobs mempunyai pilihan pakaian yang paling gampang sedunia, pelajari mengapa bagis seorang Jobs, pakaian seperti itu oke saja, tetapi mungkin akan menjadi sebuah bunuh diri karakter jika anda menirunya.
17. Buang naskahnya : Jobs berbicara kepada audiens, bukan pada slide-nya. Bab ini akan mengajarkan bagaimana anda terlatih dnegan benar sehingga anda juga dapat “membuang naskahnya”.
18. Nikmatilah : meskipun persiapan dalam presentasi Steve Jobs sangat ekstensif, kadang-kadang ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai rencana. Tidak ada yang membuat Jobs merasa terganggu, karena tujuan pertamanya adalah menikmatinya!
Dalam setiap pergantian babak Steve Jobs selalu memberi jeda 10 menit untuk beristirahat. Tidak lebih dan tidak kurang karena audiens akan kehilangan perhatian setelah sepuluh menit. Menurut Johon Medina, “otak tampaknya membuat pilihan-pilihan menurut sejumlah pola pengaturan waktu yang keras kepala, yang tidak diragukan lagi dipengaruhi oleh budaya dan gen. Oleh karena itu Steve Jobs tidak memberikan kesempatan untuk audiensnya menjadi bosan. Jadi setiap sepuluh menit sekali Jobs menyelipkan “jeda” dalam presentasinya seperti music, animasi, video, dll. Dalam setiap presentasinya Jobs memberikan energy positif kepada audiensnya untuk tidak pernah berhenti belajar, berusaha, dan mencintai apa yang dilakukan. Kemudian ia berkata “saya yakin bahwa satu-satunya hal yang membuat saya terus bertahan adalah bahwa saya mencintai apa yang saya lakukan. Anda harus menemukan apa yang anda cintai. Dan yang paling penting, miliki keberanian untuk mengikuti kata hati dan intuisi anda. Kata hati dan intuisi anda sudah tahu anda ingin jadi apa...stay hungry, stay foolish.

"Jangan cepat puas, teruslah belajar"

-Steve Jobs-

Dirangkum dari buku "Rahasia Presentasi Steve Jobs" by Carmine Gallo

Senin, 28 November 2011

Apakah new media membatasi atau memperluas kebebasan pribadi kita

tugas New media
nama : Putri Ratna Sari
npm : 55410464
kelas : 2ia14

Seiring berkembangnya perkembangan zaman, semua bentuk kemudahan mampu disuguhkan untuk menunjang segala sesuatu dikehidupan saat ini. Khususnya dari dunia internet. New media. Dimana hampir seluruh penduduk di dunia ini mengenal apa itu internet, bagaimana cara mengakses internet, apa saja yang mampu disuguhkan internet dan sebagainya. Tampaknya new media mampu menjalanin satu sama lain dari berbagai macam suku dan budaya manusia yang ada di seluruh dunia. New media mampu merubah sesuatu yang mustahil menjadi nyata. Didalam new media itu sendiri banyak terdapat social network. Tentu kita juga sudah tidak asing lagi dengan istilah tersebut. Dimana seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, social network mampu menyatukan milyaran orang diseluruh dunia, dan hampir semua penduduk di dunia ini mengenal social network. Kita mengenal facebook, twitter, youtube, tumblr, myspace dan sebagainya. Permasalahannya adalah, apakah new media membatasi atau memperluas kebebasan pribadi kita?
Apabila diusut lagi, tentu pertanyaan ini akan terus berkembang. Karena kita tahu bahwa pemikiran setiap orang pasti berbeda. Maka dari itu, saya akan membahasnya dari kedua sisi yang berbeda. Karena saya menyadari betul apa dan bagaimana dampak dari perkembangan new media itu sendiri. Sebelumnya, pasti kita tahu setiap social network yang kita gunakan aka nada efek positif dan negatifnya. Namun pasti semua efek tersebut akan sangat ditentukan berdasarkan cara penggunaaan dari setiap individu yang bersangkutan.
Apabila dipertanyakan, apakah new media membatasi atau memperluas kebebasan kita? Saya punya dua aspek untuk menjawab pertanyaan tersebut.
Pertama, iya jika dikatakan new media membatasi kebebasan pribadi kita. Contohnya, kita sudah terlalu cenderung bersangkutan dengan social network, bahkan hal ini sudah menjadi gaya hidup. Dimana setiap social network yang kita gunakan memberikan keterbukaan bagi setiap penggunanya. Dimana update status, tagging photos dan sebagainya akan dipamerkan secara publik. Setiap orang akan tahu apa dan bagaimana akun kita bekerja. Hal apa saja yang kita lakukan, siapa saja teman yang berkomunikasi dengan kita, siapa saja yang melihat upload foto yang kita masukkan, update status yang kita buat. Semuanya terasa transparan, benar-benar terbuka tanpa ada yang ditutupi. Secara dalam, hal ini akan membatasi ruang gerak kita, tidak ada lagi istilah privasi didalamnya. Semuanya sudah Nampak menjadi konsumsi publik. Apa yang kita lakukan sudah pasti akan dilihat banyak orang. Begitupun dengan twitter. Dimana setiap orang bisa dengan bebas melihat setiap twit yang kita buat, belum lagi mereka memiliki hal untuk meritwit setiap kata yang kita buat. Karena 140 karakter yang ada akan mewakili setiap karakter dari setiap orang yang ada. Itulah mengapa social network (new media) terasa sangat membatasi kebebasan pribadi kita.
Namun disatu sisi, new media juga bisa memperluas kebebasan pribadi kita. Contohnya, lewat new media khususnya social network, kita bisa berkomunikasi dengan jutaan penduduk dunia lainnya. Kita bisa saling berinteraksi, bertukar ide, menjalin pertemanan dan sebagainya. Sekali lagi, tidak akan ada dampak negatif apabila setiap individu yang menggunakan social network dan new media menggunakannya dengan sebaik mungkin. Dari segi bisnis, kita bisa menemukan banyak relasi untuk menunjang bisnis yang kita jalankan. Memperoleh banyak teman dan akan terjalin persahabatan antar bangsa di seluruh dunia. Bertukar kebudayaan, saling mengenal bahasa dan adat dari segala bangsa yang ada di dunia. Maka dari itu, new media memiliki banyak peran penting dari setiap pertumbuhan dan perjalanan hidup bagi setiap manusia yang ada di dunia. Dimana new media akan banyak memiliki peran penting mulai hari ini hingga kedepan nanti. Juga new media memiliki banyak dampak dari segi pemikiran lain, ada hal positif juga hal negative. Apabila kita bisa mengendalikan itu semua dengan baik, maka tidak akan ada hal negative yang menyelimuti itu semua. Dan new media mampu membawa kita melihat dunia menjadi terasa lebih dekat. Dan new media pun memiliki hal lain dimana mampu membatasi dan memperluas kebebasan pribadi kita sebagai user yang menggunakan new media itu sendiri. Jadi pergunakanlah new media dengan sebaik mungkin. Karena akan banyak pembelajaran yang kita dapat di dalamnya. Selain buku, internet menjadi media kedua dimana kita bisa melihat bahwa dunia itu terasa dekat….

Minggu, 01 Mei 2011

budaya suku toraja

beragam budaya terdapat di negara kita indonesia, namun kali ini saya akan menjelaskan tentang budaya unik yang terletak di pegunungan bagian utara sulawesi selatan,indonesia yaitu SUKU TORAJA.Populasinya diperkirakan sekitar 650.000 jiwa, dengan 450.000 di antaranya masih tinggal di Kabupaten Tana Toraja.Mayoritas suku Toraja memeluk agama Kristen, sementara sebagian menganut Islam dan kepercayaan animisme yang dikenal sebagai Aluk To Dolo. Pemerintah Indonesia telah mengakui kepercayaan ini sebagai bagian dari Agama Hindu Dharma.Kata toraja berasal dari bahasa Bugis, to riaja, yang berarti "orang yang berdiam di negeri atas". Pemerintah kolonial Belanda menamai suku ini Toraja pada tahun 1909.Suku Toraja terkenal akan ritual pemakaman, rumah adat tongkonan dan ukiran kayunya. Ritual pemakaman Toraja merupakan peristiwa sosial yang penting, biasanya dihadiri oleh ratusan orang dan berlangsung selama beberapa hari.

Sebelum abad ke-20, suku Toraja tinggal di desa-desa otonom. Mereka masih menganut animisme dan belum tersentuh oleh dunia luar. Pada awal tahun 1900-an, misionaris Belanda datang dan menyebarkan agama Kristen. Setelah semakin terbuka kepada dunia luar pada tahun 1970-an, kabupaten Tana Toraja menjadi lambang pariwisata Indonesia. Tana Toraja dimanfaatkan oleh pengembang pariwisata dan dipelajari oleh antropolog.Masyarakat Toraja sejak tahun 1990-an mengalami transformasi budaya, dari masyarakat berkepercayaan tradisional dan agraris, menjadi masyarakat yang mayoritas beragama Kristen dan mengandalkan sektor pariwisata yang terus meningkat.

beragam kebudayaan tanah toraja, seperti halnya Tongkonan

Tongkonan adalah rumah tradisional Toraja yang berdiri di atas tumpukan kayu dan dihiasi dengan ukiran berwarna merah, hitam, dan kuning. Kata "tongkonan" berasal dari bahasa Toraja tongkon ("duduk").

Tongkonan merupakan pusat kehidupan sosial suku Toraja. Ritual yang berhubungan dengan tongkonan sangatlah penting dalam kehidupan spiritual suku Toraja oleh karena itu semua anggota keluarga diharuskan ikut serta karena Tongkonan melambangan hubungan mereka dengan leluhur mereka.[15] Menurut cerita rakyat Toraja, tongkonan pertama dibangun di surga dengan empat tiang. Ketika leluhur suku Toraja turun ke bumi, dia meniru rumah tersebut dan menggelar upacara yang besar.

Pembangunan tongkonan adalah pekerjaan yang melelahkan dan biasanya dilakukan dengan bantuan keluarga besar. Ada tiga jenis tongkonan. Tongkonan layuk adalah tempat kekuasaan tertinggi, yang digunakan sebagai pusat "pemerintahan". Tongkonan pekamberan adalah milik anggota keluarga yang memiliki wewenang tertentu dalam adat dan tradisi lokal sedangkan anggota keluarga biasa tinggal di tongkonan batu. Eksklusifitas kaum bangsawan atas tongkonan semakin berkurang seiring banyaknya rakyat biasa yang mencari pekerjaan yang menguntungkan di daerah lain di Indonesia. Setelah memperoleh cukup uang, orang biasa pun mampu membangun tongkonan yang besar.
[sunting] Ukiran kayu
Ukiran kayu Toraja: setiap panel melambangkan niat baik.

Bahasa Toraja hanya diucapkan dan tidak memiliki sistem tulisan.[21] Untuk menunjukkan kosep keagamaan dan sosial, suku Toraja membuat ukiran kayu dan menyebutnya Pa'ssura (atau "tulisan"). Oleh karena itu, ukiran kayu merupakan perwujudan budaya Toraja.

Setiap ukiran memiliki nama khusus. Motifnya biasanya adalah hewan dan tanaman yang melambangkan kebajikan, contohnya tanaman air seperti gulma air dan hewan seperti kepiting dan kecebong yang melambangkan kesuburan. Gambar kiri memperlihatkan contoh ukiran kayu Toraja, terdiri atas 15 panel persegi. Panel tengah bawah melambangkan kerbau atau kekayaan, sebagai harapan agar suatu keluarga memperoleh banyak kerbau. Panel tengah melambangkan simpul dan kotak, sebuah harapan agar semua keturunan keluarga akan bahagia dan hidup dalam kedamaian, seperti barang-barang yang tersimpan dalam sebuah kotak. Kotak bagian kiri atas dan kanan atas melambangkan hewan air, menunjukkan kebutuhan untuk bergerak cepat dan bekerja keras, seperti hewan yang bergerak di permukaan air. Hal Ini juga menunjukkan adanya kebutuhan akan keahlian tertentu untuk menghasilkan hasil yang baik.

Keteraturan dan ketertiban merupakan ciri umum dalam ukiran kayu Toraja (lihat desain tabel di bawah), selain itu ukiran kayu Toraja juga abstrak dan geometris. Alam sering digunakan sebagai dasar dari ornamen Toraja, karena alam penuh dengan abstraksi dan geometri yang teratur.Ornamen Toraja dipelajari dalam ethnomatematika dengan tujuan mengungkap struktur matematikanya meskipun suku Toraja membuat ukiran ini hanya berdasarkan taksiran mereka sendiri.Suku Toraja menggunakan bambu untuk membuat oranamen geometris.
Beberapa motif ukiran Toraja
pa'tedong
(kerbau)

pa'barre allo
(matahari)

pa're'po' sanguba
(menari)

ne'limbongan
(perancang legendaris

Upacara pemakaman
Tempat penguburan Toraja yang diukir.

Dalam masyarakat Toraja, upacara pemakaman merupakan ritual yang paling penting dan berbiaya mahal. Semakin kaya dan berkuasa seseorang, maka biaya upacara pemakamannya akan semakin mahal. Dalam agama aluk, hanya keluarga bangsawan yang berhak menggelar pesta pemakaman yang besar. Pesta pemakaman seorang bangsawan biasanya dihadiri oleh ribuan orang dan berlangsung selama beberapa hari. Sebuah tempat prosesi pemakaman yang disebut rante biasanya disiapkan pada sebuah padang rumput yang luas, selain sebagai tempat pelayat yang hadir, juga sebagai tempat lumbung padi, dan berbagai perangkat pemakaman lainnya yang dibuat oleh keluarga yang ditinggalkan. Musik suling, nyanyian, lagu dan puisi, tangisan dan ratapan merupakan ekspresi duka cita yang dilakukan oleh suku Toraja tetapi semua itu tidak berlaku untuk pemakaman anak-anak, orang miskin, dan orang kelas rendah.

Upacara pemakaman ini kadang-kadang baru digelar setelah berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun sejak kematian yang bersangkutan, dengan tujuan agar keluarga yang ditinggalkan dapat mengumpulkan cukup uang untuk menutupi biaya pemakaman.[24] Suku Toraja percaya bahwa kematian bukanlah sesuatu yang datang dengan tiba-tiba tetapi merupakan sebuah proses yang bertahap menuju Puya (dunia arwah, atau akhirat). Dalam masa penungguan itu, jenazah dibungkus dengan beberapa helai kain dan disimpan di bawah tongkonan. Arwah orang mati dipercaya tetap tinggal di desa sampai upacara pemakaman selesai, setelah itu arwah akan melakukan perjalanan ke Puya.
Sebuah makam.

Bagian lain dari pemakaman adalah penyembelihan kerbau. Semakin berkuasa seseorang maka semakin banyak kerbau yang disembelih. Penyembelihan dilakukan dengan menggunakan golok. Bangkai kerbau, termasuk kepalanya, dijajarkan di padang, menunggu pemiliknya, yang sedang dalam "masa tertidur". Suku Toraja percaya bahwa arwah membutuhkan kerbau untuk melakukan perjalanannya dan akan lebih cepat sampai di Puya jika ada banyak kerbau. Penyembelihan puluhan kerbau dan ratusan babi merupakan puncak upacara pemakaman yang diringi musik dan tarian para pemuda yang menangkap darah yang muncrat dengan bambu panjang. Sebagian daging tersebut diberikan kepada para tamu dan dicatat karena hal itu akan dianggap sebagai utang pada keluarga almarhum.

Ada tiga cara pemakaman: Peti mati dapat disimpan di dalam gua, atau di makam batu berukir, atau digantung di tebing. Orang kaya kadang-kadang dikubur di makam batu berukir. Makam tersebut biasanya mahal dan waktu pembuatannya sekitar beberapa bulan. Di beberapa daerah, gua batu digunakan untuk meyimpan jenazah seluruh anggota keluarga. Patung kayu yang disebut tau tau biasanya diletakkan di gua dan menghadap ke luar.[27] Peti mati bayi atau anak-anak digantung dengan tali di sisi tebing. Tali tersebut biasanya bertahan selama setahun sebelum membusuk dan membuat petinya terjatuh.

Musik dan Tarian

Suku Toraja melakukan tarian dalam beberapa acara, kebanyakan dalam upacara penguburan. Mereka menari untuk menunjukkan rasa duka cita, dan untuk menghormati sekaligus menyemangati arwah almarhum karena sang arwah akan menjalani perjalanan panjang menuju akhirat. Pertama-tama, sekelompok pria membentuk lingkaran dan menyanyikan lagu sepanjang malam untuk menghormati almarhum (ritual terseebut disebut Ma'badong).Ritual tersebut dianggap sebagai komponen terpenting dalam upacara pemakaman.Pada hari kedua pemakaman, tarian prajurit Ma'randing ditampilkan untuk memuji keberanian almarhum semasa hidupnya. Beberapa orang pria melakukan tarian dengan pedang, prisai besar dari kulit kerbau, helm tanduk kerbau, dan berbagai ornamen lainnya. Tarian Ma'randing mengawali prosesi ketika jenazah dibawa dari lumbung padi menuju rante, tempat upacara pemakaman. Selama upacara, para perempuan dewasa melakukan tarian Ma'katia sambil bernyanyi dan mengenakan kostum baju berbulu. Tarian Ma'akatia bertujuan untuk mengingatkan hadirin pada kemurahan hati dan kesetiaan almarhum. Setelah penyembelihan kerbau dan babi, sekelompok anak lelaki dan perempuan bertepuk tangan sambil melakukan tarian ceria yang disebut Ma'dondan.
Tarian Manganda' ditampilkan pada ritual Ma'Bua'.

Seperti di masyarakat agraris lainnya, suku Toraja bernyanyi dan menari selama musim panen. Tarian Ma'bugi dilakukan untuk merayakan Hari Pengucapan Syukur dan tarian Ma'gandangi ditampilkan ketika suku Toraja sedang menumbuk beras[28] Ada beberapa tarian perang, misalnya tarian Manimbong yang dilakukan oleh pria dan kemudian diikuti oleh tarian Ma'dandan oleh perempuan. Agama Aluk mengatur kapan dan bagaimana suku Toraja menari. Sebuah tarian yang disebut Ma'bua hanya bisa dilakukan 12 tahun sekali. Ma'bua adalah upacara Toraja yang penting ketika pemuka agama mengenakan kepala kerbau dan menari di sekeliling pohon suci.

Alat musik tradisional Toraja adalah suling bambu yang disebut Pa'suling. Suling berlubang enam ini dimainkan pada banyak tarian, seperti pada tarian Ma'bondensan, ketika alat ini dimainkan bersama sekelompok pria yang menari dengan tidak berbaju dan berkuku jari panjang. Suku Toraja juga mempunyai alat musik lainnya, misalnya Pa'pelle yang dibuat dari daun palem dan dimainkan pada waktu panen dan ketika upacara pembukaan rumah.

Bahasa

Bahasa Toraja adalah bahasa yang dominan di Tana Toraja, dengan Sa'dan Toraja sebagai dialek bahasa yang utama. Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional adalah bahasa resmi dan digunakan oleh masyarakat,akan tetapi bahasa Toraja pun diajarkan di semua sekolah dasar di Tana Toraja.

Ragam bahasa di Toraja antara lain Kalumpang, Mamasa, Tae' , Talondo' , Toala' , dan Toraja-Sa'dan, dan termasuk dalam rumpun bahasa Melayu-Polinesia dari bahasa Austronesia. Pada mulanya, sifat geografis Tana Toraja yang terisolasi membentuk banyak dialek dalam bahasa Toraja itu sendiri. Setelah adanya pemerintahan resmi di Tana Toraja, beberapa dialek Toraja menjadi terpengaruh oleh bahasa lain melalui proses transmigrasi, yang diperkenalkan sejak masa penjajahan. Hal itu adalah penyebab utama dari keragaman dalam bahasa Toraja.

REFERENSI : WIKIPEDIA

Kamis, 31 Maret 2011

Bahasa Pemrograman Ruby

1.1 Pengenalan Ruby

Ruby merupakan bahasa scripting yang memiliki string processing yang sangat akurat misalnya regular expression sehingga sangat cocok untuk administrator sistem untuk membuat shell script yang powerfull. Di pihak lain, bahasa scripting menawarkan pengembangan aplikasi yang cepat misalnya pembuatan aplikasi GUI, web scripts, system utilities, dan aplikasi yang membutuhkan pemrosesan string ataupun perhitungan yang akurat. Pencipta Ruby, Yukihiro Matsumoto (Matz), menggabungkan bagian-bagian dari bahasa-bahasa favorit beliau (Perl, Smalltalk, Eiffel, Ada dan Lisp) untuk membentuk bahasa baru yang seimbang antara pemrograman fungsional dengan pemrograman imperatif.

1.1.1 Perkembangan Ruby

Sejak Ruby pertama kali dirilis ke publik pada tahun 1995, banyak programmer profesional dari seluruh dunia serius ikut mengembangkan Ruby. Pada tahun 2006, Ruby diterima oleh banyak orang. Dengan komunitas pengguna Ruby yang aktif di banyak kota-kota di seluruh dunia dan konferensi-konferensi beserta pertemuan Ruby terkait.

Ruby-Talk, milis utama untuk diskusi Ruby (dalam bahasa Inggris) telah mencapai kisaran 200 email setiap hari. TIOBE index, yang menghitung perkembangan bahasa-bahasa pemrograman, menempatkan Ruby pada peringkat ke 10 diantara bahasa-bahasa pemrograman di seluruh dunia. Melihat pada perkembangan ini, mereka memperkirakan, “Kesempatan Ruby memasuki peringkat atas 10 besar adalah dalam waktu setengah tahun.” Kebanyakan dari perkembangan Ruby beratribut pada terkenalnya software yang ditulis dengan Ruby, terutama framework web Ruby on RailS. Ruby juga sepenuhnya bebas. Tidak hanya gratis, tetapi juga bebas untuk menggunakan, memodifikasi dan mendistribusikan Ruby.

1.1.2 Kelebihan Ruby

Pertama kali, Matz melihat bahasa-bahasa lain untuk mencari sintaks yang ideal. Terkenang pencariannya, Matz berkata, “Saya mau bahasa scripting yang lebih hebat daripada Perl dan lebih berorientasi obyek daripada Python.” Di Ruby, semua adalah obyek. Setiap informasi dan kode bisa diberi property dan action. Pemrograman berorientasi obyek memanggil property dengan nama variabel instant dan action, yang disebut sebagai metode. Pendekatan murni berorientasi obyek terutama terlihat pada demonstrasi sedikit kode yang diberikan pada number.

Di banyak bahasa-bahasa lain, number dan tipe primitif bukan obyek. Ruby mengikuti pengaruh bahasa Smalltalk dengan memberikan metode dan variabel instant pada semua tipe. Ini memudahkan menggunakan Ruby, karena peraturan-peraturan mengenai obyek semua berlaku pada Ruby. Ruby dianggap sebagai bahasa yang fleksibel, karena bagian-bagian dari Ruby bisa diubah-ubah dengan bebas. Bagian-bagian yang esensi di Ruby bisa dihapus maupun didefinisikan ulang. Bagian-bagian yang sudah ada bisa ditambahkan. Ruby mencoba untuk tidak membatasi programmer.

Misalnya, penambahan dilakukan dengan operator plus (+). Tetapi, jika ingin menggunakan kata plus yang lebih mudah dibaca, maka dapat menambahkan metode tersebut pada kelas Numeric.

class Numeric

def plus(x)

self.+(x)

end

end



y = 5.plus 6

# y sekarang adalah 11

Demi kemudahan, operator-operator Ruby adalah juga metode. Kita juga bisa mendefinisikan ulang operator. Blok Ruby juga dianggap sebagai sumber kekuatan Ruby yang sangat fleksibel. Programmer dapat menyertakan closure pada setiap metode, menjelaskan bagaimana metode yang bersangkutan seharusnya berperilaku. Closure disebut blok dan telah menjadi satu diantara banyak fitur-fitur Ruby yang paling populer pada banyak pendatang baru Ruby dari bahasa-bahasa imperatif lain seperti PHP atau Visual Basic.

Blok terinspirasi dari bahasa-bahasa fungsional. Matz berkata, “Saya ingin menghormati kultur Lisp di closure Ruby.”

search_engines =

%w[Google Yahoo MSN].map do |engine|

"http://www." + engine.downcase + ".com"

end

Pada kode diatas, blok dijelaskan dalam bentuk do ... end. Metode map memberlakukan blok agar menerima array kata-kata (Google, Yahoo dan MSN). Banyak metode-metode lain di Ruby dibiarkan mempunyai hole yang dibuka untuk programmer agar menulis blok mereka sendiri untuk mengisi dengan lebih lengkap apa saja yang seharusnya sebuah metode lakukan.

Tidak seperti banyak bahasa-bahasa berorientasi obyek lain, Ruby hanya menyediakan single inheritance dengan sengaja. Tetapi Ruby mengetahui konsep module (disebut sebagai Categories di Objective-C). Module merupakan kumpulan dari metode-metode.

Kelas dapat menggabungkan sebuah module dan menerima semua metode-metode (dari module yang bersangkutan) dengan bebas. Contoh, setiap kelas yang mengimplementasikan metode each bisa mixin module Enumerable, yang menambahkan banyak metode-metode yang menggunakan each untuk melakukan perulangan.

Secara umum, Rubyist menganggap ini sebagai cara yang lebih jelas ketimbang multiple inheritance, yang rumit dan bahkan terlalu membatasi. Ruby jarang menggunakan tanda baca dan biasanya cenderung menggunakan keyword berbahasa Inggris, biasanya beberapa tanda baca digunakan untuk memperjelas kode Ruby

Ruby tidak perlu deklarasi variabel. Ruby menggunakan aturan penamaan yang mudah untuk menyatakan scope suatu variabel.

* var adalah variabel lokal.
* @var adalah variabel instant.
* $var adalah variabel global.

Simbol-simbol tersebut bertujuan untuk memudahkan dan memperjelas ketika dibaca bagi programmer untuk mengidentifikasi fungsi dari setiap variabel. Sigil juga bisa menjadi hal yang tidak perlu bila harus digunakan pada setiap member instant.

Ruby kaya fitur, antara lain sebagai berikut:

* Ruby merupakan bahasa interpreter.
* Ruby memiliki sintaks yang sederhana, mudah dipelajari dan dipahami.
* Ruby memiliki fitur-fitur yang menangani exception, seperti Java atau Python, untuk mempermudah menangani error.

* Ruby menyediakan mark-and-sweep garbage collector untuk semua obyek Ruby. Tidak perlu me-maintain reference count pada library extension.

* Menulis extension C di Ruby lebih mudah daripada di Perl ataupun di Python, dengan API yang elegan untuk memanggil Ruby dari C. Ini termasuk memanggil Ruby embedded di software, untuk digunakan sebagai bahasa scripting. Interface SWIG juga tersedia.

* Ruby bisa load library extension secara dinamis jika Sistem Operasi mengijinkan.

* Ruby menyediakan fitur OS threading yang independent. Maka, untuk semua platform dimana Ruby berjalan, kita juga punya multithreading, terlepas dari apakah Sistem Operasi mendukung multithreading atau tidak, bahkan pada MS-DOS sekalipun.

* Ruby sangat portable: Ruby kebanyakan dikembangkan di GNU/Linux, tetapi juga berjalan di banyak tipe UNIX, Mac OS X, Windows 95/98/Me/NT/2000/XP, DOS, BeOS, OS/2, dan lain-lain.
* Dan yang terakhir, tentunya Ruby gratis bahkan untuk aplikasi komersial.

1.1.3 Dasar Pemrograman Ruby

Sebagai bahasa scripting yang berbasis interpreter, Ruby menawarkan modus interaktif, yakni Interactive Ruby yang disingkat dengan irb. Untuk masuk ke modus interaktif Ruby, cukup mengetikkan irb pada command prompt, untuk keluar cukup menekan tombol Ctrl-D atau ketikkan “exit”. Dapat juga menambahkan opsi ”—simple-prompt” pada irb agar bentuk prompt-nya berubah menjadi >>.

Di samping itu, tentunya program Ruby juga dapat disimpan dalam file berextension ‘.rb’. Sama halnya seperti Python, modus interaktif Ruby juga dapat digunakan sebagai kalkulator untuk perhitungan sederhana. Kemampuan menghitung Ruby tidak kalah jika dibandingkan dengan Python. Konon, Ruby memiliki kecepatan eksekusi program yang lebih cepat dibandingkan dengan Python.

Gambar 2.1 Contoh Penulisan Sintax Ruby pada Command Prompt

1. Aturan penamaan variabel

Karena Ruby bersifat dynamic-typing, Kita tidak perlu mendeklarasikan tipe dan variable yang ingin kita gunakan seperti pada bahasa C. Kita cukup memasukkan nilai ke variable yang ingin kita pakai. Aturan penamaan variabel sama dengan aturan penamaan variabel pada umumnya, yakni tidak boleh dimulai dengan angka dan tidak memakai keyword penting dari bahasa tersebut.

Berikut contoh deklarasi variabel:

Contoh variabel yang benar:

x = 888

ini_variabel_string = “halo”

Contoh variabel yang tidak benar:

8x = 888

while = “halo” # while adalah reserved keyword

2. Konstanta

Konstanta tidak lain adalah sebuah variabel yang isinya tetap (tidak berubah). Konstanta di Ruby dideklarasikan dengan huruf kapital pada huruf pertama. Suatu konstanta tetap dapat diubah nilainya. Pemberian status konstanta pada suatu variabel hanya akan memberikan suatu peringatan apabila kita mengubah isi konstanta tersebut.

3. Input Output

Untuk meminta input-an dari user, kita menggunakan perintah gets. Sedangkan untuk output ke layar monitor, kita dapat menggunakan puts, print maupun printf.

>> puts “Halo, pa kabar ?”

Halo, pa kabar?

=> nil

>> print “Halo, pa kabar ?”

Halo, pa kabar ?=> nil

>> nama = gets

Eric

=> “Eric\n”

>> printf “Nama saya %s”, nama

printf “Nama saya %s”, nama

Nama saya Eric

=> nil

Adapun perbedaan antara puts , print dan printf yakni di mana puts akan menambahkan karakter newline (‘\n’) pada akhir string dan parameternya harus string, sedangkan print hanya mencetak string tanpa menambahkan karakter newline, printf sama dengan print; bedanya printf mengenal formatting seperti %s untuk string,%f untuk float, %d untuk integer, dan seterusnya. Perintah printf ini sama dengan perintah printf di bahasa C.

4. Struktur program

Program Ruby umumnya juga memakai indentasi seperti bahasa Python. Akan tetapi indentasi tidak mutlak harus dilakukan, karena Ruby menggunakan keyword end untuk menandakan akhir dari suatu bagian program.

5. Lain-lain

Mungkin pada beberapa contoh di atas, sering melihat tulisan nil. Nil berarti suatu objek di Ruby sama dengan NULL di bahasa C. Nil berarti hasil eksekusi perintah tersebut tidak mengembalikan objek apapun alias nil (tidak memiliki return value). Misalkan perintah puts hanya mencetak string ke layar dan tidak mengembalikan objek apapun untuk disimpan alias nil. Akan tetapi lainnya halnya dengan a = “halo” akan mengembalikan objek String “halo” yang akan disimpan dalam variabel a. Untuk komentar pada program Ruby, Kita dapat menggunakan tanda # . Untuk lebih dari satu statement pada satu baris , Kita dapat menggunakan pemisah ‘;’. Sedangkan untuk statement yang lebih dari satu baris, Kita dapat menggunakan tanda ‘\’.

>> a = 1#Variabel a berisi 1
=> 1
>> print “Halo “; puts “ apa
kabar ?”
Halo apa kabar ?
=> nil
>> b = 1 + 3 + 5 \
?> + 7 + 9
=> 25

1.1.4 Tipe Data Dasar

Setelah berkenalan dengan dasar-dasar interpreter Ruby, selanjutnya dibahas beberapa tipe data dasar yang disediakan Ruby yang tentunya merupakan instansi dari kelas–kelas mengingat Ruby adalah bahasa berorientasi objek yang murni. Di samping itu, akan dibahas beberapa metode yang umum dari kelas– kelas tersebut.

1. Angka

Ruby dapat menangani angka baik yang bertipe integer maupun float. Untuk tipe data Integer di Ruby, kelas Integer dibagi dalam dua kelas yakni FixNum dan BigNum. Angka dengan batas -230 sampai 230–1 tergolong dalam kelas FixNum; apabila suatu angka telah melampaui batas tersebut, maka akan digolongkan dalam kelas BigNum. Karena Ruby bersifat dynamic–typing, Kita tidak perlu melakukan konversi dari FixNum ke BigNum karena konversi akan dilakukan secara otomatis. Sedangkan untuk angka yang bertipe float, Ruby akan menganggap objek angka tersebut merupakan instansi dari kelas Float.

Seperti bahasa pemrograman umumnya, pada Ruby dapat menggunakan prefiks (awalan) untuk menandakan arti angka tersebut, misalya untuk menyatakan bilangan negatif, 0 untuk bilangan oktal , 0b untuk bilangan biner dan 0x untuk bilangan heksadesimal serta e untuk bilangan eksponensial. Untuk mempermudah penulisan suatu angka dengan nilai yang sangat besar, Kita dapat membubuhkan karakter _ pada penulisan angka (karakter _ tidak akan disimpan, hanya untuk membantu saja).

>> a = 2
=> 2
>> a.class
=> FixNum
>> a = a ** 31
=> 2147483648
>> a.class
=> BigNum
>> 188_888_000_000
=> 188888000000
>> 0x6AF
=> 1711
>> 1.89e+18
=> 1.89e+18
>> b = 1.4
=> 1.4
>> b.class
=> Float

2. String

Tipe data String di Ruby sama dengan tipe data String pada bahasa pemrograman lain umumnya. Untuk membuat tipe data String, kita dapat menggunakan kutip satu ‘ ataupun kutip dua “ . Adapun perbedaan di antara keduanya, yakni di mana objek String yang dibuat dengan kutip dua “ akan mengerti karakter khusus seperti ‘\n’,’\r’,’\b’ ,dsb. ; sedangkan karakter dengan objek String yang dibuat dengan kutip satu ‘ tidak bisa menerjemahkan karakter khusus di atas.

Perhatikanlah contoh berikut:

>> a = “Hello\n”
=> “Hello\n”
>> print a
Hello
=> nil
>> b = ‘Hello\n’
=> “Hello\\n”
>> print b
Hello\n=> nil

Kelas String kaya akan metode-metode yang powerful. Kita dapat mencoba beberapa di antaranya seperti berikut ini:

· Length : untuk mengetahui panjang suatu string.

· Capitalize : untuk mengubah huruf pertama pada awal kalimat menjadi huruf kapital.

· Downcase : mengubah string menjadi huruf kecil.

· Upcase : mengubah string menjadi huruf besar.

· Swapcase : mengubah objek string dengan huruf kecil diubah menjadi huruf kapital dan sebaliknya.

· Strip : membuang karakter whitespace di awal dan akhir string.

· Reverse : membalikkan string.

· Include ? str : mengembalikan true jika substring str terdapat dalam string dan false jika tidak ada.

· Chop : membuang karakter terakhir dari string.

Salah satu hal yang unik dari Ruby adalah Kita dapat menambahkan tanda ‘!’ di akhir metode untuk menandakan metodenya bersifat destruktif di mana hasil metode tersebut berdampak langsung pada objeknya.

>> “Hello”.length
=> 5
>> “hello”.capitalize
=> “Hello”
>> “HELlo”.downcase
=> “hello”
>> “HeLLo”.upcase
=> “HELLO”
>> “hElLo”.swapcase
=> “HeLlO”
>> “hello”.reverse
=> “olleh”
>> “ hello “.strip
=> “hello”
>> “helloo”.chop
=> “hello”
>> “hello”.include? “h”
=> true
>> a = “ Hello “
=> “ Hello “
>> a.strip
=> “Hello”
>> a
=> “ Hello “
>> a.strip!
=> “Hello”
>> a
=> “Hello”

3. Array
Tipe data Array di Ruby hampir sama dengan tipe data array pada bahasa pemrograman lain umumnya. Tipe data Array di Ruby sama dengan tipe data list di Python. Untuk membuat suatu objek Array baru, Kita dapat menggunakan literal Array [] ataupun konstruktor Array.new. Isi array dapat berupa objek apapun baik angka, string, maupun objek lain termasuk objek array itu sendiri. Untuk mengakses elemen objek Array ini, kita menggunakan indeks di mana indeks awal dimulai dari 0 sampai panjang array – 1. Kita juga dapat menggunakan indeks negatif di mana indeks -1 berarti elemen terakhir , -2 berarti elemen kedua terakhir, dan seterusnya.

Apabila kita mencoba mengakses elemen Array pada indeks yang di luar jangkauan, pernyataan tersebut tidak akan menyebabkan error seperti IndexError : list index out of range di Python, Ruby akan mengembalikan objek nil. Untuk mengubah isi array ataupun menambahkan data pada objek Array dengan indeks tertentu, kita bisa menggunakan statement biasa seperti array[indeks] = nilai baru. Apabila kita ingin membuat objek Array yang berisi string, akan repot sekali untuk menambahkan tanda kutip pada setiap elemen Array. Hal tersebut dapat diatasi dengan menggunakan prefiks %w. Untuk jelasnya, lihat contoh berikut:

>> a = []
=> []
>> a = [1,2,”m”,[3,4,5]]
=> [1, 2, “m”, [3, 4, 5]]
>> a[0]
=> 1
>> a[3]
=> [3, 4, 5]
>> a[3][1]
=> 4
>> a[-1]
=> [3, 4, 5]
>> a[6]
=> nil
>> a[1] = 88
=> 88
>> a
=> [1, 88, “m”, [3, 4, 5]]
>> c = %w(Anto, Eric, Isabel)
=> [“Anto,”, “Eric,”, “Isabel”]
Metode-metode pada kelas Array :

* Length : untuk mengetahui ukuran array.
* Push(nilai_baru) : untuk menambah data pada array. Data terbaru akan ditempatkan paling akhir.
* Pop : mengembalikan data pada indeks terakhir array dan menghapus data pada indeks terakhir.
* Reverse : membalik isi data array.
* Sort : mengurut isi array secara ascending.
>> a = [“a”,”b”,”c”]
=> [“a”, “b”, “c”]
>> a.length
=> 3
>> a.push(“d”)
=> [“a”, “b”, “c”, “d”]
>> a.pop
=> “d”
>> a
=> [“a”, “b”, “c”]
>> a.reverse
=> [“c”, “b”, “a”]
>> a.sort
=> [“a”, “b”, “c”]

4. Hash
Tipe data hash di Ruby sama dengan tipe data dictionary di Python. Untuk membuat objek hash yang baru, Kita dapat menggunakan literal hash {} ataupun konstruktor Hash.new. Lain halnya dengan array, untuk mengakses elemen objek Hash kita tidak menggunakan indeks seperti array. Kita dapat mendefinisikan kunci(key) yang unik untuk setiap elemen. Sama halnya seperti array, apabila kita mengakses elemen dengan key yang tidak tercantum di hash, maka akan mengembalikan nilai nil.

>> alamat = {
?> “Amat” => “Kemanggisan Raya
50”,
?> “Budi” => “Sudirman 80”,
?> “Eric” => “Sandang 9A”,
?> “Melissa” => “Pandu 77”
?> }
=> {“Eric”=>”Sandang 9A”,
“Budi”=>”Sudirman 80",
“Amat”=>”Kemanggisan Raya 50",
“Melissa”=>”Pandu 77"}
>> alamat[“Eric”]
=> “Sandang 9A”
>> alamat[“Dani”]
=> nil

5. Range
Objek range di Ruby merupakan suatu barisan di mana terdapat nilai awal dan nilai akhir dari barisan tersebut. Objek Range ini sama dengan perintah range() di Python. Untuk membuat suatu objek Range, kita dapat menggunakan operator range ‘..’ dan ‘...’. Format ‘..’ akan menciptakan objek Range yang ikut menyertakan elemen terakhirnya, sedangkan format ‘...’ akan menghilangkan elemen terakhirnya. Range di Ruby tidak dianggap sebagai objek Array melainkan dianggap sebagai suatu objek Range sendiri. Untuk menjadikannya objek Array, Kita dapat menggunakan metode to_a . Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah contoh berikut.

>> a = (1..5)
=> 1..5
>> a.class
=> Range
>> (1..5).to_a
=> [1, 2, 3, 4, 5]
>> (1...5).to_a
=> [1, 2, 3, 4]

1.1.5 Seleksi dan Perulangan

Dalam pemrograman, kita tentunya mengenal istilah seleksi dan perulangan. Untuk seleksi kita akan menggunakan if, sedangkan untuk perulangan kita akan menggunakan for dan while. Penulis tidak akan lagi menjelaskan detail sintaks if, for, while karena sintaksnya hampir sama seperti umumnya.

1. Seleksi If

#if.rb
#!/usr/bin/env ruby
print “Masukkan nilai Anda : “
nilai = gets
nilai.chop!
if nilai.to_i >= 85
puts “Anda mendapat grade A”
elsif nilai.to_i >= 75
puts “Anda mendapat grade B”
elsif nilai.to_i >= 65
puts “Anda mendapat grade C”
else
puts “Anda mendapat grade D”
end #end untuk if
$ ruby if.rb
Masukkan nilai Anda : 80
Anda mendapat grade B

2. Perulangan Times

>> 3.times { print “Hi “ }
Hi Hi Hi=> 3
>> 3.times do
?> print “Hi “
?> end
Hi Hi Hi=> 3

3. Perulangan While

#while.rb
#!/usr/bin/env ruby
i = 1
while i<= 5
printf “%d “, i
i = i + 1
end # end untuk while
$ ruby while.rb
1 2 3 4 5

4. Perulangan For

#for.rb
#!/usr/bin/env ruby
for i in 1..5
if i%2 == 1
puts i.to_s + “ ganjil”
else
puts i.to_s + “ genap”
end #end untuk if
end #end untuk for
$ ruby for.rb
1 ganjil
2 genap
3 ganjil
4 genap
5 ganjil

1.1.6 Fungsi

Untuk mendefinisikan suatu fungsi, kita menggunakan kata kunci def diakhiri dengan end. Kita akan membuat fungsi faktorial.

#faktorial.rb
#!/usr/bin/env ruby
def faktorial(n)
hasil = 1
ctr = 0
n.times do
ctr += 1
hasil *= ctr
end #end untuk do
return hasil
end #end untuk def
puts “Faktorial 5 = “ +
faktorial(5).to_s
puts “Faktorial 10 = “ +
faktorial(10).to_s
$ ruby faktorial.rb
Faktorial 5 = 120
Faktorial 10 = 3628800